Plugin Optimasi Database WordPress : WP Optimize vs WP Sweep

0
43
optimasi database wordpress

Plugin Optimasi database wordpress sangat penting bagi para blogger situs website. Selain untuk membersihkan file sampah yang tidak berguna di database , optimasi database juga dapat meningkatkan kecepatan situs anda. Kecepatan situs juga sangat berpengaruh untuk teknik SEO yang anda lakukan. Semakin cepat situs website yang anda miliki maka semakin baik pula website anda di mata google. Anda hanya membutuhkan sebuah plugin untuk optimalkan database wordpress. Karena dengan bantuan sebuah plugin semua menjadi lebih mudah.

Dalam posting ini saya akan memberikan perbandingan dari kedua plugin optimasi databse. Plugin tersebut adalah wp-optimize vs wp-sweep yang sangat terkenal untuk optimalkan database anda. Kedua plugin diatas dapat menangani database anda dengan sekali klik. Namun ada beberapa perbedaan yang sangat menonjol pada kedua plugin tersebut. Untuk itu baca lebih lanjut artikel yang akan saya bagikan pada hari ini.

Mengapa Perlu Mengoptimalkan Database ?

Ini adalah pertanyaan yang paling sering di tanyakan oleh para pendatang baru untuk pemakai situs wordpress. Sebenarnya optimasi database ini tidak hanya pada wordpress saja namun semua yang memiliki database yang harus di optimalkan. Tapi karena saya pengguna wordpress jadi cara ini khusus di gunakan pada website yang mempunyai framework CMS seperti wordpress ini.

Baca Juga :

Seperti yang saya jelaskan di atas , mengoptimalkan atau optimasi database wordpress wajib anda lakukan. Mengapa demikian ? karena itu dapat meningkatkan kecepatan situs anda. Dengan meningkatnya kecepatan situs , reload dari posting akan lebih cepat dari biasanya. Tidak hanya itu saja karena penyimpanan database anda dapat berkurang agar tidak mempunyai kapasitas yang besar.

Faktor paling penting untuk optimasi database wordpress ini adalah berhubungan dengan masalah SEO. Jika anda menerapkan teknik seo onepage dan offpage tidak akan lengkap bila tidak menerapkan cara ini. Namun hari ini admin akan memberikan perbandingan dari kedua plugin diatas yaitu wp-optimize vs wp-sweep. Dari kedua plugin tersebut anda akan mengerti mana yang lebih baik anda gunakan untuk optimasi database wordpress.

Optimasi Database WordPress : WP-Optimize vs WP-Sweep

Baiklah saya akan memberikan perbandingan dari kedua plugin tersebut sebelum menginstall pada dashboard wordpress anda. Saya akan menunjukan sebuah database yang belum di optimasi menggunakan kedua plugin tersebut. Berikut adalah contoh database yang akan di optimasi.

contoh database yang belum di optimasi

Database diatas memiliki 25 tabel yang akan di optimasi menggunakan dengan kedua plugin yang telah disediakan. Besar dari database diatas adalah 5.4 MiB dari semua file yang ada pada database wordpress tersebut. Berikut adalah optimasi database wordpress menggunakan plugin wp-optimize dan wp-sweep.

WP-Optimize

Pertama adalah percobaan menggunakan plugin wp-optimize. Plugin ini sangat terkenal sekali untuk mengoptimalkan database pada wordpress. Beberapa perusahaan besar juga sangat bergantung pada plugin optimize ini. Banyak fitur-fitur yang dapat anda lakukan untuk membersihkan sampah database anda.

Fitur :

  • Optimize database table
  • Clean all post revision
  • Clean all auto draft post
  • Clean all trashed post
  • Clean post meta data
  • Clean comments meta data
  • Clean orphaned relationship data
  • Remove spam and trashed comments
  • Remove unapproved comments
  • Remove expired transient options
  • Remove pingbacks and trackbacks.
Sesudah di optimasi menggunakan plugin wp-optimize

Di atas adalah database yang telah di optimasi menggunakan plugin wp-optimize. Sebelum di optimasi sebesar 5.4 MiB namun setelah di optimalkan size atau ukuran database menjadi lebih kecil yaitu 3.4 MiB. Untuk plugin ini dapat mengurangi hingga 2 MiB dalam sekali optimasi.

WP-Sweep

Plugin kedua pada uji coba kali ini adalah wp-sweep yang berguna untuk mengoptimalkan database wordpress anda. Dibandingkan plugin wp-optimize , plugin wp sweep tidak begitu terkenal dan jarang digunakan untuk optimasi database. Walaupun fitur yang di berikan oleh wp-sweep ini hampir sama dengan plugin diatas. Berikut adalah fitur-fitur yang di berikan oleh plugin wp sweep.

Fitur :

  • Remove revisions
  • Remove auto drafts
  • Delete posts and comments
  • Remove orpahaned and duplicate post meta
  • Remove oembed caches in post meta
  • Remove unaproved comments
  • Remove spammed comments
  • Remove orphaned and duplicate comments
  • Remove orphaned and duplicate user meta
  • Remove orphaned and duplicate term meta
  • Remove transient options
  • Optimize Tables and sweep all
Sesudah di optimasi menggunakan plugin wp-sweep

Ini adalah hasil optimasi dari sebuah plugin wp-sweep. Dimana ukuran database yang semula adalah 5.4 MiB namun sekarang telah menjadi 3.2 MiB. Ukuran dari optimasi plugin ini sebesar 2.2 MiB. Ukuran ini jauh lebih kecil di bandingkan plugin diatas. Dan bisa di bilang plugin ini lebih baik di bandingkan plugin wp-optimize.

Cara Menggunakan WP-Sweep

Kesimpulan WP-Optimize vs WP-Sweep

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa saya membandingkan kedua plugin ini. Walaupun sebenarnya wp-optimize sangat populer dan dapat melakukan optimasi database dengan baik.Bahkan kedua plugin tersebut juga mempunyai kesamaan pada penghapusan file yang tidak berguna pada database anda.

Perbedaan itu terletak pada karakteristik pembeda utama dari wp-sweep. Plugin tersebut menggunakan fungsi penghapusan yang sangat tepat untuk menjalankan query di database MySQL. Sedangkan plugin wp-optimize menggunakan SQL Query saja yang dapat menyebabkan data tidak tersapu bersih sehingga meninggalkan beberapa data pada database anda. Kata ini telah di tulis oleh Lester Chan yang di ungkapkan pada akun sosial media di twitter.

Dengan kata lain wp-sweep adalah plugin optimasi database yang lebih baik daripada wp-optimize.

Perlu di catat bahwa pengujian ini dilakukan pada database yang saya miliki sendiri. Semua plugin seperti wp-optimize dan wp sweep memiliki pengkodean yang sangat baik dan efektif untuk mengoptimalkan database wordpress anda. Namun dalam hal ini wp-sweep memiliki hasil terbaik sebagai optimasi database wordpress.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.