Cara Merawat Software Laptop Agar Tidak Menjadi Lemot

0
53
cara merawat software laptop

Pada hari ini saya akan membagikan artikel tentang cara merawat software laptop agar tidak menjadi lemot saat di pakai. Setelah saya membagikan artikel tentang cara merawat hardware laptop agar awet.

Untuk yang baru saja membeli laptop baru pasti masih bertanya-tanya bagaimana cara merawat laptopnya agar tidak menjadi lemot. Sama seperti barang-barang berharga yang anda punya , laptop anda yang berharga juga perlu untuk dirawat agar performanya sangat baik saat di jalankan.

Permasalahannya saat ini adalah banyak sekali yang tidak tahu cara merawat laptopnya sehingga menyebabkan laptop menjadi lemot. Dan yang lebih parahnya lagi adalah tidak memperdulikan kondisi laptopnya sehingga menyebabkan hardware menjadi cepat rusak.

Mungkin kalian tidak menyadari laptop anda lemot karena software. Beberapa orang selalu menyalakan kondisi hardware laptopnya , padahal sebenarnya bukan masalah itu. Karena bisa saja laptop anda lemot gara-gara software yang ada di laptop anda dan beberapa hal yang lain. Baiklah tanpa basa basi lagi , silahkan baca artikel cara merawat software laptop hingga selesai.

Cara Merawat Software Laptop Agar tidak Lemot

Seperti yang saya bilang tadi , kali ini saya akan membagikan tutorial cara merawat software laptop supaya tidak menjadi lemot atau sangat lambat. Langsung saja kalian ikuti cara ini agar laptop anda selalu dalam performa 100%.

1. Selalu Menggunakan Sistem Operasi ( OS ) Original

Ini adalah point utama untuk yang sangat penting sekali karena saat anda membeli laptop , yang pertama kali di install adalah Operating Sistem atau biasa disebut dengan OS. Hal ini sangatlah penting sekali karena original windows dengan windows bajakan sangat berbeda performanya.

Perbedaan pada original dan bajakan adalah banyaknya bug atau file-file berbahaya yang akan mengganggu performa dari laptop anda. Karena banyak sekali kejahatan-kejahatan pada dunia maya yang menanamkan file-file yang siap menyerang OS anda.

Lalu bagaimana cara kita mendapatkan sebuah sistem operasi yang original ? jangan khawatir karena saat anda membeli laptop baru pastikan anda meminta install windows original.

2. Install Driver Sesuai Dengan Tipe Laptop

Kebanyakan seseorang yang baru pertama kali bisa menginstal laptop selalu saja mengabaikan hal ini. Mereka selalu saja memakai driver pack untuk menginstal driver yang ada pada laptopnya. Sebenarnya cara ini di perbolehkan karena sangat instan sekali namun saya sarankan untuk menginstalnya secara manual saja.

Bagaimana cara menginstall driver untuk tipe laptop yang anda miliki ? yaitu dengan memasuki situs resmi dari merk laptop anda. Sebagai contoh saya menggunakan laptop lenovo maka saya harus mengunjungi website resmi dari lenovo tersebut dan download driver sesuai dengan keterangan yang ada pada laptopmu.

3. Selalu Update Windows Laptop

Poin yang satu ini selalu terlewatkan pada saat anda baru saja menginstall sistem operasi. Padahal yang satu ini adalah bagian penting untuk laptop anda agar sistem selalu update.

Proses update windows membutuhkan waktu yang sangat lama karena perlu mengambil beberapa sistem yang harus di download secara online. Dan lagi windows anda tidak mudah kemasukan virus karena selalu mengupdate sistemnya.

Cara untuk mengupdate windows atau OS yang anda miliki cukup mudah yaitu klik start menu – pilih computer – klik kanan dan pilih properti – cari windows update – lalu check update. Tunggu proses update windows anda dan pastikan baterai dalam kondisi full.

4. Memasang Anti Virus Dan Rajin Scan

Pastikan operating sistem anda memiliki antivirus karena dapat melindungi laptop anda dari serangan virus. Bagi kalian yang tidak pernah menginstal antivirus , laptop anda pasti lama kelamaan akan menjadi berat dikarenakan virus datang saat anda sedang melakukan browsing atau download.

Lalu antivirus apa yang cocok dengan laptop yang anda miliki ? banyak sekali antivirus yang di sediakan di internet. Namun anda tidak boleh download di tempat sembarangan karena bisa saja yang anda download juga memiliki virus di programnya. Download saja ke website atau situs resmi dari nama antivirus tersebut.

Anda bisa memakai antivirus seperti kaspersky , Avira ataupun Bit Defender yang merupakan 3 virus terbaik untuk windows. Pilih salah satu dari ketiga antivirus tersebut agar komputer anda aman dari serangan virus.

5. Kalibrasi Baterai Laptop

Kalibrasi baterai laptop sangatlah penting agar baterai laptop tidak cepat habis dan dalam performa 100%. Dengan melakukan kalibrasi , baterai anda akan menjadi tahan lama dari biasanya.

Lalu bagaimana cara melakukan kalibrasi baterai laptop anda. Caranya sangat mudah yaitu masuk ke control panelHardware and soundspower optionedit plan setting dan cari fitur untuk kalibrasi baterai laptop anda.

6. Melakukan Defragment dan Disk Cleanup

Ini adalah salah satu fitur keunggulan windows karena dengan fitur ini kalian dapat menata rapi hardisk anda. Tidak hanya itu saja , karena di fitur tersebut juga dapat membersihkan data yang tidak terpakai maupun data yang menumpuk pada sistem.

Akibat dari tidak sering melakukan disk cleanup dan defragment adalah kapasitas memori atau ruang hardisk akan mengalami pengurangan secara terus menerus. Nah dengan fitur yang satu ini kalian dapat melegakan penyimpanan kembali.

Untuk cara melakukan disk cleanup bisa di bilang sangat mudah yaitu dengan memilih partisi yang akan di bersihkan lalu klik kanan – masuk ke properties. Setelah masuk kalian akan melihat menu general dan anda tinggal klik disk cleanup.

Jika tadi fungsi dari disk cleanup sekarang adalah fungsi dari disk defragment. Fitur ini berfungsi sebagai penataan ulang atau penyusunan kembali file-file pada sistem. Dan adalagi fungsi dari disk defragment ini yaitu memperbaiki bad sector pada hardisk laptop anda. Cara melakukan adalah memilih dahulu partisi yang ingin di defragment , kemudian Klik Kanan – Properties – Tool. Untuk cara ini lakukanlah setiap sebulan sekali agar laptop anda tidak menjadi lemot

7. Membersihkan Junk File atau Cache

cara merawat software laptop anda pada bagian software adalah dengan cara membersihkan junk file atau biasa disebut sampah yang menyerang pada sistem. Junk File atau Cache ini yang menyebabkan laptop anda tidak dalam performa yang semestinya.

Lalu dari mana junk file ini selalu muncul ? junkfile muncul karena adanya program-program yang anda jalankan pada laptop. Sehingga program-program tersebut meninggalkan sebuah junkfile di hardisk. Semakin banyak junkfile yang terletak pada sistem laptop anda maka semakin lambat sekali jalannya laptop anda.

Cara membersihkan junkfile ini sangat mudah sekali yaitu dengan cara masuk ke run di start menu – ketikan %temp% – lalu hapus semua file yang ada disana. Jika anda masih bingung dengan cara di atas , saya sarankan menggunakan bantuan software. Software tersebut bernama ccleaner atau software lain yang anda suka. itulah cara merawat software laptop dengan baik.

8. Menghapus Program Yang Tidak Terpakai

Ini adalah masalah sepele untuk cara merawat software laptop agar tidak menjadi lambat. Dan salah satunya adalah tidak peduli dengan software yang tidak terpakai lagi. Bagi anda yang suka menginstall software atau program pada laptop anda , tentu saja jangan lupa untuk menghapus software yang tidak di butuhkan.

Mengapa demikian ? karena kebanyakan software yang anda install akan memberatkan hardisk dan juga memakan ruang penyimpanan sistem kalian yang berada pada local disk c. Untuk itu anda jangan bermalas-malasan membiarkan laptop anda di penuhi dengan program-program yang tidak di butuhkan.

9. Mengatur Bios Laptop

Cara merawat software laptop yang kesembilan adalah mengatur bios terlebih dahulu. Pasti kalian bertanya-tanya apa yang akan di setting di dalam bios bukan.

Kali ini kita akan mengatur booting dari bios agar laptop menjadi lebih cepat saat pertama kali dinyalakan. Untuk itu anda harus mengatur hardware yang pertama kali dibaca adalah Hard Drive (HDD). Masuk ke menu Boot dan aturlah HDD sebagai First Boot.

Untuk memasuki bios setiap laptop berbeda-beda karena tidak semua bioas laptop selalu sama. Ada yang masuk menggunakan tombol DEL , F2 dan juga F12. Itu semua tergantung pada tipe laptop yang anda miliki.

10. Matikan Laptop Dengan Benar

Nah untuk kali ini masih ada saja yang tidak benar atau tidak bisa mematikan laptopnya. Biasanya orang tua yang baru pertama kali membeli laptop kebanyakan mematikannya dengan cara menekan tombol power. Cara itu sangat salah sekali karena dapat merusak sistem operasi anda dan juga dapat merusak hardware laptop.

Bagi orang yang baru memegang atau baru mengoperasikan laptop , anda harus mematikannya dengan benar. Untuk mematikannya kalian hanya perlu klik tombol windows dan pilih shutdown. Nah jika masih kurang mengerti bagaimana cara mematikan laptop anda bisa mencarinya di google atau dengan tutorial dari youtube.

Kesimpulan Cara Merawat Software Laptop

Nah sekarang bagaimana kondisi laptop anda setelah melakukan cara diatas. Pasti anda merasakan performanya menjadi lebih cepat dan lebih ringan dari sebelumnya. Mengapa bisa begitu ? karena selain hardware yang perlu dirawat , softwarepun juga harus anda rawat agar performanya dan tidak menjadi lemot.

Cukup mudah bukan untuk cara merawat software laptop anda dan pastinya tidak membutuhkan biaya sama sekali. Hanya membutuhkan koneksi internet saja anda sudah cukup untuk membuat laptop berjalan dengan baik. Cukup sekian tentang artikel kali ini , jika ingin performanya selalu terjaga baca juga 7 cara merawat hardware laptop agar tidak cepat rusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here