Penyebab dan Cara Mengatasi Iklan Adsense Yang Dinonaktifkan Pada Situs

0
79
Cara Mengatasi Iklan Adsense Yang Dinonaktifkan

Pagi ini saya mendapatkan sebuah email yang tidak saya harapkan dari pihak google adsense. Isi pesan tersebut adalah menonaktifkan iklan google adsense pada situs yang saya miliki. Tentu saja saya menjadi bingung karena iklan sudah tidak tampil lagi pada setiap halaman di situs saya. Dan iklan tersebut akan menjadi blank berwarna putih saja tanpa teks ataupun gambar yang biasa mewarnai situs atau website anda. Waduh , gawat juga bukan jika iklan di nonaktifkan oleh google adsense yang selama ini merupakan penghasilan untuk hidup anda. Pasti anda juga akan mencari sebuah cara yang tepat untuk mengaktifkan kembali agar iklan dapat tayang pada situs anda. ~ okeposting.com

Ada beberapa cara mengatasi iklan adsense yang dinonaktifkan tersebut namun membutuhkan proses yang sangat panjang dan membuang waktu sekali. Karena anda akan diminta untuk menunggu proses persetujuan dari adsense yang akan mereview situs anda. Tapi sebelum kalian melakukan itu semua ada baiknya baca penyebab terjadinya hal itu sebelum anda mengajukan banding ke google adsense.

Penyebab Iklan Google Adsense Dinonaktifkan Pada Situs Anda

Artikel kali ini akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi iklan adsense yang dinonaktifkan pada situs anda. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Jawabannya sangat mudah yaitu anda melanggar ketentuan dari pihak google adsense. Apakah sebelumnya anda menerima notifikasi pada akun adsesnse ada seperti dibawah ini ?

Jika anda mendapat notifikasi seperti ini , brarti situs anda telah dinonaktifkan sepernuhnya oleh google adsense. Lebih tepatnya adalah google adsense menonaktifkan domain anda seperti example.com yang telah terverifikasi pada otorisasi akun adsense anda. Lalu apakah akun adsense saya terkena Banned ? Tentu saja tidak karena hanya situs dari domain anda saja yang di banned dan pastinya bisa kembali lagi namun tergantung dari masalah yang anda hadapi.

Ada beberapa alasan yang kuat sehingga pihak google adsense sampai menonaktifkan iklan pada situs anda. Alasannya bisa berbagai hal seperti berikut :

  • Menempatkan iklan google pada skrip kota apung.
  • Berisi Materi/konten yang memiliki hak cipta seperti games, anime , gambar dll.
  • Memberi tanda panah atau simbol yang akan mengarah ke iklan anda.
  • Menggunakan kata tak pantas seperti Kode Curang , Cheat , Porno , Kata Kasar dan lain-lain.

Dan masih banyak lagi alasan-alasan yang akan menonaktifkan iklan google anda pada situs tersebut. Namun dalam kasus diatas sepertinya situs saya terkena hak cipta karena berisi konten dari sebuah games. Namun untuk kasus anda biasanya sama tapi terkadang juga berbeda. Untuk melihat kesalahan apa yang menyebabkan iklan situs anda di nonaktifkan dapat menuju ke Setelan => Pusat Kebijakan. Klik Domain yang terpengaruh tersebut lalu pilih tanda panah bawah pada tanggal dari kejadian itu. Disana anda akan menemukan alasan mengapa iklan pada situs anda berhenti di tayangkan.

Jika anda membutuhkan referensi lain tentang penyebab terjadinya iklan adsense tidak tayang dapat menuju ke website mangcara. disana sang admin juga menceritakan pengalaman pribadinya tentang cara mengatasi iklan adsense yang dinonaktifkan.

Cara Mengatasi Iklan Adsense Yang Dinonaktifkan

Ada beberapa cara untuk mengembalikan domain yang telah dinonaktifkan oleh google adsense. Namun cara tersebut harus menunggu 7 sampai 10 hari pengerjaan atau bahkan bisa lebih lama untuk mensurvei kembali website yang diblokir. Apa yang harus anda lakukan ? jawabannya adalah meminta peninjauan atau dikenal dengan nama banding. Lalu bagaimana cara untuk meminta peninjauan pada website ? tenang saja , disini saya akan membagikan untuk meminta banding tersebut.

Baiklah tanpa basa basi lagi , untuk melakukan banding ada beberapa hal yang perlua anda perhatikan. Pertama adalah anda harus mengatasi masalah yang terdapat pada situs anda seperti materi berhak cipta atau masalah yang lainnya. Jika masalah sudah diperbaiki barulah kita melakukan banding agar situs kita di survei ulang oleh tim google adsense. Nah , setelah semua selesai dibawah ini adalah cara untuk melakukan banding yang benar agar sukses untuk mendapatkan kebijakan dari adsense lagi.

Pertama , masuk kedalam akun adsense anda lalu pergi ke pusat kebijakan. Setelah itu anda akan mendapatkan tulisan sebagai berikut.

Di atas sangat terlihat jelas apakah yang menjadi penyebab situs/webiste/domain terkena banned dan tidak dapat menayangkan iklan google adsense. Namun disana juga tertulis cara atau opsi untuk mengembalikan domain yang telah di blokir.

Opsi 1 adalah dengan cara meminta peninjauan ulang pada situs. Opsi 2 adalah menghentikan penayangan iklan google adsense dengan menghapus semua kode unit iklan yang ada pada website. Namun opsi 2 tidak harus meminta persetujuan lagi karena akan hilang otomatis jika anda tidak menyalahi aturan dari tim google. Tapi untuk opsi kedua ini tidak saya sarankan karena proses yang sangat lama sekali. Untuk itu mari kita lanjutkan pada opsi pertama yaitu minta persetujuan atau melakukan banding. Klik tombol tersebut lalu anda akan dihadapkan dengan formulir pengajuan seperti berikut :

Info Tambahan.

Disini anda harus memberi tahukan cara memperbaiki masalah yang telah terkena kebijakan dari google adsense. Ceritakan cara anda mengatasi masalah yang berkaitan dengan kebijakan tersebut dan hal ini wajib anda isi. Ceritakan secara singkat saja bagaimana cara anda mengatasinya karena kata pada kolom tersebut hanya dibatasi hingga 120 kata.

5 Contoh URL.

Untuk kolom komentar ini anda harus mengisi 5 url yang terkena kebijakan tersebut. Pada contoh kasus yang telah saya terima di email hanya ditunjukan 1 contoh saja dan tidak ada lagi. Namun jika anda memiliki url yang di tujukan lebih dari 1 lebih baik anda segera memperbaiki konten dari url tersebut lalu meletakan url tersebut pada kolom yang telah disediakan pada formulir permintaan peninjauan. Tidak wajib mengisi 5 url , karena 1 saja sebenarnya sudah cukup. Namun lebih baik anda kasih 5 url yang kontennya tidak copas dan yang sering di kunjungi oleh pengunjung internet.

Setelah itu anda kirim dari hasil yang anda tulis dan tim google adsense akan memberikan kalian email bahwa pesan telah sampai. Jika Berhasil maka balasan dari tim google adsense akan sangat lama atau bisa sampai 10 hari. Namun jika peninjauan anda di tolak maka google adsense akan membalas banding anda dengan cepat atau dalam waktu hitungan jam.

Update terbaru cara mengatasi iklan adsense yang dinonaktifkan

Ada satu lagi cara yang telah saya praktekan ke situs yang telah dinonaktifkan pengiklanannya. Cara ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan yaitu dengan cara menonaktifkan otorisasi dari situs yang anda miliki. Caranya adalah :

login ke akun google adsense yang anda miliki. Pilih menu setelan/setting => Situs saya/mysite. Setelah itu non aktifkan situs terverivikasi seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu tunggu hingga satu minggu dan situs anda tidak akan terkena banned oleh google adsense. Pada pusat kebijakan , pesan yang telah di sampaikan oleh google adsense juga akan hilang dengan sendirinya. Namun saya tidak menyarankan anda menggunakan code iklan pada situs tersebut sebelum benar-benar anda perbaiki masalah yang dulu pernah ada pada domain atau situs anda tersebut.

Pengalaman Pribadi Mengatasi Iklan Tidak Muncul Di Situs

Cara Mengatasi Iklan Adsense Yang Dinonaktifkan – Ini adalah pengalaman pribadi saya yang terkena hal tersebut. Awalnya website saya hanya tentang review sebuah game saja dan hanya mengarahkan pengunjung untuk download game pada website asli. Namun entah kenapa saya terkejut karena mendapatkan email seperti ini dari google adsense.

saya sempat panik mendapatkan pesan seperti itu dan saya mencari solusinya di internet. Ternyata penyebab dari iklan adsense yang dinonaktifkan adalah karena memberi link ke sumber game yang tidak tepat alias bajakan. Situs saya juga terkena pelanggaran yaitu materi berhak cipta. Setelah saya mengetahui hal itu saya hanya menghapus konten yang terkena hak cipta dan segera melakukan peninjauan ulang dari tim google adsense. Namun sayang pihak google langsung menalok saya dalam waktu 1 jam saja.

Saya mencoba menunggu sekitar 2 minggu dan menghapus beberapa konten yang memiliki hak cipta namun hasilnya sama saja , tim google tetap menolak saya hingga 2 kali. Mendapat seperti itu pastinya sangat putus asa karena penghasilan saya hanya lewat google adsense tersebut. Namun saya tidak menyerah dan terus mencari dan membaca banyak artikel di website lain.

Pada beberapa situs memang berhasil melakukannya dengan cara menghapus semua artikel dan iklan akan tayang kembali namun anda tidak akan memiliki pengunjung sama sekali. Adapun website lain juga berkata “cara yang lebih cepat adalah dengan mengganti domain“. Tentu saja saya tidak setuju dengan cara mengatasi iklan adsense yang dinonaktifkan tersebut.

Karena saya tidak pantang menyerah jadi saya review kembali website saya yang telah di nonaktifkan iklannya. Karena masalah saya adalah memberikan link ke website bajakan dan bukan aslinya jadi akhirnya saya menghapus semua link tersebut dan mengganti judul pada setiap kontennya.

Setelah itu saya sengaja menunggu 2 minggu agar google search console mengindex konten yang telah saya perbarui dan saya mengajukan peninjauan kembali. Hasilnya sangat mengejutkan yaitu saya telah berhasil untuk mempraktekan cara mengatasi iklan adsense yang dinonaktifkan. Saya sangat senang sekali iklan dari google adsense berhasil kembali lagi namun saya mendapat cemohan karena link yang saya berikan tidak saya update lagi. Namun itulah resiko yang harus di terima agar iklan anda dapat tayang kembali di google adsense.

Kesimpulan

Dari kesimpulan yang telah saya ceritakan atau tuliskan diatas adalah banyak cara untuk mengembalikan iklan yang tidak tayang pada situs anda. cara mengatasi iklan adsense yang dinonaktifkan terbilang gampang-gampang susah namun untuk cara yang paling cepat dan tidak membuang waktu adalah :

  1. Mengganti domain lama dengan yang baru.
  2. Menghapus seluruh konten yang terlihat menyalahi kebijakan google adsense.
  3. Membuat website baru dengan domain yang baru.

Itu adalah ketiga cara yang paling cepat agar iklan anda tayang pada situs yang anda miliki. Namun cara diatas sangat beresiko karena akan kehilangan pengunjung secara dratis. Kehilangan pengunjung sama dengan tidak mendapatkan penghasilan sama sekali kawan , Jadi sama saja anda membuat konten baru dari nol. Cara ini adalah cara alternatif jika anda telah di tolak berkali-kali dan tidak menemukan masalahnya pada website yang anda miliki. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengembalikan iklan adsense yang tidak tayang pada situs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.