4 Cara Redirect URL Website Dengan Benar dan Lengkap

0
400
4 cara redirect url

Pada artikel kali ini okeposting akan membagikan 4 cara redirect url website anda secara benar dan pastinya cara ini sangat lengkap. Mengapa okeposting memakai 4 cara yang berbeda untuk redirect url ?. Jawabanya adalah beberapa selalu ingin cara yang paling mudah untuk redirect urlnya. Nah kali ini admin mencoba 4 cara yang mudah untuk redirect suatu website atau domain anda.

Banyak sekali seseorang yang bingung untuk redirect url yang terkena status 404 di google search console. Kode 404 menunjukan bahwa url anda tidak benar sehingga mendapatkan kode tersebut. Banyak sekali kemungkinan untuk sebuah website yang mendapatkan status kode 404 diantaranya adalah bergantinya URL yang lama dengan yang baru.

Sebagai contoh url lama anda seperti ini “https://okeposting.com/4-cara-redirect-url/” lalu anda menggantinya dengan “https://okeposting.com/4-cara-redirect-url-website-wordpress/” Maka halaman dengan url tersebut akan terkena 404. Untuk itulah redirect url sangat di perlukan pada pergantian url seperti diatas agar terhindar dari status code 404 di google search console. Untuk lebih jelasnya mengenai semua kode kesalahan yang diberikan google , kalian dapat membacanya di wikipedia.

4 Cara Redirect URL Website atau Domain

Baiklah sekarang saya akan membahas tentang 4 cara redirect url website agar terhindar dari kode 404. Untuk anda yang baru belajar seo pastinya cara ini sangat di butuhkan untuk seorang penulis di blogger ataupun wordpress. Langsung saja perhatikan cara berikut agar website anda terhindar dari 404 page not found.

1Cara Redirect URL Menggunakan Sebuah Plugin

Redirection

Cara pertama untuk redirect url anda adalah dengan menggunakan sebuah plugin untuk wordpress. Bagi pengguna blogger cara ini tidak akan bisa dikarenakan blogger tidak mempunyai pemasangan plugin seperti di wordpress. Untuk plugin wordpress yang sangat terkenal disini adalah Redirection dan All 404 Redirect to Homepage. Dari kedua plugin tersebut masing-masing memiliki sebuah perbedaan yang sudah terlihat jelas dari judul pluginnya. Untuk yang pertama kita akan membahas cara mengalihkan url dengan plugin redirection. Sebelum itu pastikan kalian telah download dan mengaktifkan plugin tersebut.

Pertama masuk ke halaman plugin redirection yang berada pada perkakas/tool dan klik redirection.

Cari kotak redirection seperti pada gambar diatas lalu masukan url lama dan url baru pada kolam tersebut. Source URL untuk memasukan url yang mendapatkan status kode 404 atau url lama anda. Target URL disini dengan url yang baru atau url yang telah anda ganti. Dan yang terakhir adalah ganti group dengan Redirection dan jangan centang regex. Klik add redirection dan satu buah url telah di tambahkan untuk memberi tahu google tentang jalan yang benar dan tidak mendapatkan kode 404 kembali.

Kedua adalah menggunakan sebuah plugin all 404 redirect to homepage. Dalam plugin ini sangat berbeda sekali dengan yang diatasnya. Jika diatasnya kita memasukan url lama dan url baru namun plugin ini hanya tinggal sekali klik dan semua halaman 404 page not found akan ke redirect semuanya. Namun yang perlu anda ketahui adalah semua url yang mendapatkan 404 page not found akan mengarah pada homepage atau beranda awal website anda. Jadi redirect kali ini bukan mengarah ke postingan url baru yang telah kalian ganti namun mengarah pada home websitemu. plugin ini sangat cocok untuk digunakan kepada website yang mempunyai banyak kode 404 page not found. Bagi anda yang hanya menginginkan 1 url saja yang akan di arahkan ke url yang benar jangan memakai plugin ini. Berikut adalah potongan gambar dari all 404 redirect to homepage.

Pastikan sebelum itu kalian download dan aktifkan plugin tersebut. Setelah itu masuk ke pengaturan/setting dan klik all 404 redirect to homepage. Dan anda hanya akan mengganti 404 redirection status menjadi enable. Itulah kedua plugin yang okeposting sarankan untuk melakukan redirect url pada webiste anda.

2Cara Redirect URL Dengan htaccess

Untuk yang kedua adalah redirect url menggunakan file htacces yang berada pada cpanel anda. Bagi kalian yang tidak mengetahui file htaccess bisa membaca artikel dari htaccess guide. Baiklah tanpa basa basi lagi ikuti cara di bawah ini dengan benar agar dapat membuka htacces di file manager anda.

Pertama Login dahulu pada hosting yang anda gunakan. Contoh jika anda menggunakan layanan niagahoster untuk hosting maka login terlebih dahulu. Cari cpanel login pada dashboard di layanan hosting anda dan klik pilihan tersebut , maka tampilannya akan seperti ini.

Setelah itu cari file manager pada label Files dan klik agar terbuka halaman baru lagi. Dan pada halaman ini lah kalian akan menemukan file htacces. Dibawah ini adalah potongan gambar setelah anda klik file manager.

Sebelum kelangkah selanjutnya pastikan dahulu anda sudah masuk pada folder yang tepat. Masuk ke folder public_html dan anda tidak akan langsung menemukan file htacces disitu. Mengapa demikian ? karena file htaccess selalu di hidden. Untuk itu anda harus masuk ke pengaturan agar fil tersebut dapat muncul. Untuk mengaktifkan fitur tersebut ikuti langkah yang saya bagikan ini.

Pertama masuk ke setting yang ada pada pojok kanan atas lalu klik ikon tersebut. Setelah itu cari dan centang show hidden file seperti pada gambar di bawah ini dan klik save.

 Cari file htacces , klik kanan dan edit file tersebut.

Edit file htaccess

Nah setelah anda sampai di cara ini , kalian harus mengerti kode apa yang akan di masukan untuk redirect bukan. Untuk itu admin telah menyediakan berbagai cara redirect untuk domain.com dan juga url halaman anda.

Kode redirect untuk file htaccess

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Kode diatas digunakan untuk redirect dari http://domainanda.com/ ke https://domainanda.com/ yaitu domain anda yang baru.

RewriteCond %{HTTP_HOST} ^domainmu.com [NC]
RewriteRule ^(.*)$ http://www.domainmu.com/$1 [L,R=301]

Kode diatas digunakan untuk redirect dari non www ke www. Begitujuga sebaliknya jika menggunakan www ke non www hanya tinggal merubah nama domainmu.

Redirect 301 /url-lama.html /url-baru.html

Kode diatas sama seperti plugin redirection pada wordpress , hanya saja kita akan menambahkan kode ini pada file htacces.

3Cara Redirect URL Domain Dengan Cpanel

cpanel

Untuk melakukan cara ini anda harus login terlebih dahulu pada layanan hostingmu. Setelah itu cari login cpanel. dan temukan pada lebel domain untuk membuat redirection.

Klik tulisan redirect lalu akan muncul halaman baru yang seperti ini.

cpanel redirect

Pilih type permanent 301 dan https sebagai domain yang akan dilakukan redirect. Setelah itu masukan nama folder anda pada kolom ketiga. Untuk kolom terakhir adalah tempat tujuan dari redirect tersebut. Anda harus memasukannya dengan benar seperti http://domainanda.com/. Sesuai kan www redirection seperti gambar diatas dan jangan centang wild card redirect. Lalu klik add untuk menambahkan redirect tersebut dan anda dapat melihat hasilnya di halaman bawah.

4Cara Redirect URL Dalam Editor WordPress.

Redirect PHP

Ini adalah cara terakhir untuk redirect url wordpress anda. cara ini adalah cara yang paling mudah karena tidak memerlukan plugin ataupun mengedit file htacces. Anda hanya perlu melakukannya pada pada editor wordpress yang anda miliki. Untuk melakukan cara ini masuk kedalam dashboar wordpress anda lalu cari tampilan/apperance dan klik editor. pilih terleih dahulu tajuk tema atau biasa disebut header.php. Setelah itu masukan kode di bawah ini untuk redirect url yang anda inginkan.
Catatan : masukan kode setelah tag <head> atau sebelum </head>.

<meta http-equiv="refresh" content="0 URL='http://new-website.com/'" />

Atau menggunakan php redirect dengan kode di bawah ini pada file function.php.

Dan itulah 4 cara redirect url pada sebuah webiste wordpress. Untuk 4 Cara Redirect URL Website diatas tidak dapat dilakukan pada blogger yang tidak ada pluginnya. Namun sebagian dari 4 cara redirect url tersebut masih dapat dilakukan pada blogger sobat. Mungkin hanya sampai disini saya memberikan artikel tentang 4 cara redirect url webiste dengan benar dan lengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.